POLA PERILAKU DAN PRAKTEK KOMUNIKASI ISLAM PADA KELOMPOK TRADISIONAL DALAM MENGAKSES MEDIA ONLINE
Agus Deni Kencana

Abstrak

Penelitian   ini  berfokus  dari  keunikan   dan  kekhususan   komunikasi  kelompok  tradisional  dalam mengakses  media  online.  Dengan menggunakan analisis  kualitatif  deskriptif  peneliti  mengungkap fenomena pola, perilaku dan praktik komunikasi Islam di kelompok tradisional.Kajian teoritik  dilakukan  dengan  menggali teori  tentang pola komunikasi,  perilaku  komunikasi  dan praktik  komunikasi  keislaman  dari  berbagai  sumber.  Adapun metode  penelitian dilakukan  dengan menunjuk  informan  sesuai kriteria  dan tujuan  penelitian dan memilih  kelompok  informan  dengan cara purposive dan sistem snowball. Data primer mengalami proses reduksi dan penyajian data dengan analisis Miles dan Huberman untuk mendapatkan kualitas data baik. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat pola komunikasi 2  tahap untuk jenis komunikasi tertentu, pola komunikasi sentralistik dan jaringan roda.terdapat hubungan  patron  klien yang masih cukup  kuat  di kelompok  ini. Hubungan  tersebut mempengaruhi konten  dan  perilaku  komunikasi di media online. Rekomendasi  ke depan  untuk  penelitian berikutnya adalah  agar difokuskan  untuk meneliti perilaku komunikasi kelompok tradisional dalam bidang bisnis dan transaksi  penjualan.

 

Kata kunci: Pola komunikasi, perilaku komunikasi, praktik komunikasi Islam



© 2014 copyright | Design & Programming by ICT UNMA BANTEN