PENGARUH PEMBERIAN KOMPENSASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA BAGIAN ADMINISTRASI DI PT. INDONESIA POWER UJP PLTU BANTEN 2 LABUAN
Rizal Rohmatullah, SH.,SE.,MM

Abstrak

Salah satu cara yang dilakukan PT Indonesia Power dalam meningkatkan kinerja perusahaan adalah memberikan kompensasi sebagai salah satu faktor yang diharapkan mampu memotivasi semua karyawannya untuk menghasilkan kualitas pelayanan yang diharapkan. Kompensasi pada dasarnya dikelompokan menjadi dua, yaitu kompensasi finansial dan non finansial. Kompensasi finansial secara langsung dapat berupa gaji, upah, bonus, dan insentif kerja semesteran, sedangkan kompensasi finansial secara tidak langsung dapat berupa asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan dana pensiun. Kompensasi nonfinansial dapat berupa pekerjaan dan lingkungan kerja.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pemberian kompensasi karyawan pada PT Indonesia Power UJP PLTU Banten 2 Labuan; 2) Bagaimana produktivitas kerja karyawan pada PT Indonesia Power UJP PLTU Banten 2 Labuan.; 3) Bagaimana pengaruh pemberian kompensasi terhadap produktivitas kerja pada PT Indonesia Power UJP PLTU Banten 2 Labuan?

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yaitu dengan meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat sttistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan Hasil penelitian menunjukan  bahwa : 1)   Dari hasil perhitungan koefiesien korelasi didapat sebesar 0,660. karena nilai r = 0,660 terletak diantara rentang 0,600 – 0.799 hal ini menunjukan bahwa pemberian kompensasi mempunyai hubungan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan di PT. Indoneisa Power. 2) Berdasarkan Perhitungan koefisien determinasi (r2) diperoleh bahwa produktivitas kerja dipengaruhi oleh pemberian kompensasi di PT. Indoneisa Power sebesar 43,6% , sedangkan sisanya sebesar 54,4 % dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis.;  3) Hasil pengujian signifikansi menunjukkan bahwa variabel bebas (X) terdapat nilai thitung sebesar 4,9738 dan tTabel dengan dk = n-2 α = 0,05 diperoleh nilai sebesar 2,0322 yang berarti thitung > tTabel. Nilai tersebut dapat membuktikan Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian hipotesis peneliti yang menyatakan bahwa “apabila pemberian kompensasi di PT. Indoneisa Power meningkat maka di produktivitas karyawan juga akan meningkat” hipotesis tersebut benar, dan dapat di di simpulkan bahwa ada pengaruh kompensasi terhadap produktivitas kerja karyawan PT. Indoneisa Power.




© 2014 copyright | Design & Programming by ICT UNMA BANTEN